September 16, 2024

Fitness merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Olahraga fitness biasanya dilakukan di gym atau pusat kebugaran. Anda bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia untuk memaksimalkan manfaat fitness yang bisa Anda dapatkan.

Yang namanya fitness dapat dilakukan pada pagi, siang, sore ataupun malam hari. Yang terpenting adalah sebaiknya hindari melakukan fitness yang berdekatan dengan waktu tidur.

Lantas, apa saja manfaat fitness untuk kesehatan? Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Perlu diketahui bahwa gerakan yang dilakukan dalam fitness sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan fisik secara keseluruhan. Ada sebuah sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa dengan melakukan latihan kekuatan, seperti fitness, secara teratur bisa membantu untuk mengurangi lemak perut yang menempel pada organ dalam, mendukung kesehatan tulang dan otot, meningkatkan kesehatan jantung, dan menjaga berat badan ideal.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat fitness selanjutnya adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Ada sebuah peneltian yang mengungkapkan bahwa berolahrga selama setengah jam setiap hari dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Hal ini terjadi karena peningkatan suhu saat fitness dapat memicu tubuh untuk menghasilkan senyawa kimia yang dapat meningkatkan dorongan tidur pada malam harinya.

Manfaat fitness ini tentunya sangat baik terutama bagi Anda yang mengalami susah tidur atau orang yang sering mengalami gangguan tidur.

3. Meningkatkan Energi Tubuh

Banyak orang yang beranggapan bahwa melakukan fitness adalah kegiatan yang melelahkan. Padahal tidak seperti itu, justru saat tubuh lebih banyak bergerak, jantung akan mempompa lebih banyak darah serta memberikan lebih banyak oksigen ke otot-otot yang bekerja.

Seiiring berjalannya waktu, jantung serta otot akan bekerja lebih efesien dan tubuh Anda pun menjadi lebih berenergi dari sebelumnya. Ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa berolahraga secara rutin seperti fitness dapat meningkatkan energi, terutama bagi mereka yang sering marasa lelah dan lemas.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat fitness lainnya adalah dapat membuat kulit lebih sehat. Hal ini dikarenakan aktivitas fisik dapat membuat aliran oksigen dan darah mengalami peningkatan sehingga asupan nutrisi yang dibutuhkan kulit dapat terpenuhi dengan baik.

Bukan hanya itu, rutin melakukan fitness juga bisa mengoptimalkan pembakaran lemak dari dalam tubuh serta menjaga massa otot. Dengan begitu, bedat badan Anda pun akan terjaga.

5. Mencegah Depresi

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik, fitness juga sangat baik untuk kesehatan mental. Hal ini dikarenakan saat fitness, hormon serotin yang terdapat di otak akan mengalami peningkatan. Hormon serotin sendiri merupakan hormon yang mengelola suasana hati, termasuk mencegah depresi dan stress.

Selain itu, melakukan fitness secara rutin juga mampu meningkatkan produksi hormon endorpin yang membantu Anda merasa lebih bahagia dan mengurangi nyeri. Dengan begitu, Anda pun akan terhindar dari rasa cemas dan stress.

6. Mengurangi Risiko Terjadinya Berbagai Penyakit

Melakukan fitness secara rutin mampu mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit kronis, seperti penyakit jantung korones dan diabetes tipe 2.

Bukan hanya itu, fitness juga bisa membantu tubuh melawan radikal bebas yang dapat memicu terjadinya kanker, seperti kanker payudara dan kankes usus besar.

7. Menambah Rasa Percaya Diri

Jika dilakukan secara rutin, salah satu manfaat dari melakukan fitness adalah dapat membuat tubuh anda semakin atletis dan ideal. Tentunya hal ini bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda tentunya.