July 22, 2024

Mau cicil barang elektronik yang sudah kamu idamkan? Supaya cicilan kamu bisa dengan mudah disetujui, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Utamanya jika kamu baru pertama kali mengajukan cicilan elektronik online.

Salah satu contoh Jika kamu ingin mencicil barang biasanya beberapa barang elektronik yang bisa kamu Cicil bermacam-macam.  misalnya seperti laptop baru hingga mesin cuci yang akan memudahkan kamu untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.  Kira-kira apa saja tips yang perlu diperhatikan supaya jalan kamu bisa disetujui? Berikut ini adalah beberapa tips yang harus kamu perhatikan dan terapkan ketika ingin mengajukan cicilan elektronik online.

Pilih Barang yang diperlukan

Memilih barang elektronik yang akan kamu cicil ibarat menentukan tujuan pada saat kamu melakukan perjalanan. Dengan begitu kamu bisa mengetahui berapa besar harga yang perlu kamu bayar. Sehingga nantinya bisa menentukan tenor yang harus dipilih supaya sesuai dengan kondisi finansial yang dimiliki.

Jika kamu memiliki kondisi di mana secara finansial cukup mampu, apalagi jumlah cicilan tidak melebihi sepertiga penghasilan, bisa saja memilih barang yang fiturnya lebih lengkap dibandingkan barang yang memiliki fitur standar. Sehingga ada value yang kamu dapatkan ketika mencicil barang yang sudah lama diidamkan.

Pahami Syarat Pengajuan Cicilan

Langkah kedua yang harus diperhatikan adalah memahami syarat pengajuan cicilan. Setiap penyedia layanan cicilan pasti memiliki syarat dan ketentuan masing-masing. Oleh karena, itu pastikan kamu memahami semua syarat yang diperlukan untuk mengajukan cicilan tersebut.

Syarat yang biasanya diajukan umumnya debitur harus memiliki KTP dan domisili yang berada dalam cakupan wilayah layanan. Selain itu debitur juga harus menunjukkan mutasi rekening atau bukti penghasilan. Namun, saat ini sudah bisa menggunakan metode lain yaitu dengan menunjukkan nomor NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak. Layanan cicilan umumnya membatasi bahwa calon debitur harus memiliki penghasilan paling tidak sebesar Rp 3 juta per bulan.

Hindari Menggunakan Pinjaman Ilegal

Jangan pernah bermain-main dengan pinjaman online apalagi yang ilegal. Karena dengan  memilih pinjaman ilegal artinya ada resiko besar yang harus ditanggung. Resiko tersebut misalnya seperti kamu harus membayar bunga yang lebih besar dibandingkan bunga rata-rata pinjaman online lainnya yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Pilihlah pinjaman yang menawarkan cicilan barang elektronik online dengan proses yang cepat dan mudah seperti yang ditawarkan oleh Kredivo.  Kredivo memberikan limit pinjaman sampai dengan Rp 50 juta terutama bagi member premium. Cicilannya sangat fleksibel mulai dari 3 bulan 6 bulan sampai dengan 12 bulan. Khusus untuk cicilan 3 bulan tidak perlu bayar bunga sama sekali hanya perlu bayar biaya administrasinya saja sebesar 3% dari harga barang yang dicicil.

Sementara itu untuk cicilan dengan tenor 6 bulan dan 12 bulan dikenakan bunga yang rendah mulai dari 1,99% per bulan. Supaya bisa mengajukan cicilan dengan proses cepat dan mudah Lakukan segera pendaftaran dengan mengunduh aplikasi resmi kredivo yang bisa diunduh lewat Google Play Store maupun App Store. Setelah itu lakukan pendaftaran dengan memenuhi beberapa syarat-syarat yang sudah ditetapkan.  jangan sampai terlewat untuk memenuhi beberapa prasyarat dokumen supaya proses pertumbuhan bisa lebih cepat kurang dari 24 jam saja.

Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Seperti yang sudah disebutkan oleh beberapa pakar keuangan jumlah cicilan tidak boleh melebihi sepertiga dari penghasilan bulanan. Sebagai contoh jika gaji kamu sebesar Rp 10 juta per bulan artinya jumlah cicilan tidak boleh lebih dari 3 juta rupiah per bulannya.  Selain itu kamu juga perlu mempertimbangkan jangan sampai menambah cicilan jika masih memiliki utang lain. Sehingga nantinya akan menumpuk-mempuh beban utang yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Pastikan Bayar Cicilan Sebelum Jatuh Tempo

Biasanya para pengguna kartu kredit bisa membayar  tagihan minimum dari jumlah tagihan secara keseluruhan. Tetapi hal tersebut justru akan mempengaruhi skor kredit kamu di kemudian hari. Oleh karena itu pastikan kamu membayar cicilan sebelum jatuh tempo karena untuk pinjaman atau cicilan lewat pinjaman online tidak dikenal dengan istilah minimum payment atau membayar sejumlah minimal terlebih dahulu demi menghindari denda ataupun bunga yang berjalan.